penyakit yang paling utama pada tanaman mangga

  penyakit yang paling utama pada tanaman mangga. kendala utama yang sering di alami petani mangga ialah adanya serangan organisme pengganggu tanaman (otp) yang dapat menyebabkan kerusakan pada buah ataupun tanaman secara keseluruhan.

selain hama, penyebab rendahnya produksi dan kualitas mangga ialah tanaman sering kali di sebabkan oleh jamur dan bakteri yang biasa menyerang bagian akar, batang ,kulit ,ranting dan buah mangga.

Berikut beberapa penyakit utama yang sering menyerang tanaman mangga

penyakit yang paling utama pada tanaman mangga


- antraknosa

penyakit ini di sebabkan oleh serangan jamur collectotrichum gloeosporiodes. selain menyerang pad buah, jamur ini juga menyerang pada bagian daun, batang serta bunga.gejala serangan pada daun ini memiliki bercak tidak berwarna teratur coklat keabuan yang lama kelamaan akan mengumpul menjadi bercak yang sangat besar hingga akan mengering dan gugur. gejala pada batang muda berupa bercak coklat keabuan yang dapat meamberbesasr membentuk gelang melingkari batang dan akhir nya membuat mati pada bagian yang terserang. pada bunga akan terlihat bintik bintik kecil dan merontokkan bunga. sedangkan pada buah tampak bercak hitam pada kulit, jika tidak meluas makan akan membuat daging buah di dalam nya menjadi busuk.

- embun jelaga

embun jelaga disebabkan oleh jamur meliola mangifera. gejala ini ditimbulkan dari serangan jamur adalah daun tanaman mangga ini yang awalnya berwarna hijau menjadi berwarna hitam. pada musim kemarau, serangan jamur bisa menyebabkan daun mengering dan mengeriting.

- penyakit kudis

penyakit ini menyerang buah,batang ,dan ranting pohon. gejala yang ditimbulkan dari serangan penyakit kudis ini adlah bercak kuning yang akan berubah menjadi abuabu . selain itu juga penyakit ini juga biasa nya akan menyebabkan bunga menjadi rontok dan buah gagal terbentuk.

- penyakit diplodia

disebabkan oleh jamur botryodiplodia theobromae yang biasa menyerang mangga pada bagian batang dan juga ranting. batang dan ranting yang diserang biasanya kulit luarnya akan terlihat pecah pecah dan ngeluarkan cairan coklat kehitaman.semakin lama luka melebar da kulit mengelupas maka pada bgian yang tanaman yang diatas akan mati dan kering.

sekian dan terima kasih sudah membaca dan berkunjung penyakit yang paling utama pada tanaman mangga.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

produk dari kayu atau batang mangga