Asal usul dan sejarah tanaman mangga

 Asal usul dan sejarah tanaman mangga. mangga memiliki nama ilmiah yakni mangifera indica buah mangga diperkirakan berasal dari perbatasan india sekitar abad ke 4  atau abad ke 5 SM. mangga pertama kali ditemukan oleh alexander agung dilembah indus india. seiring berkembang nya zaman  buah mangga menyebar hampir ke seluruh belahan dunia melalui perdagangan india yang berkelana dari timur hingga ke semenanjung malaysia. pada tahun 1400 dan 1450 buah ini mulai ditanam di kepulauan sulu dan juga mindanau,pilipina,dipulau lizon sekitar 1600 dan dikepulauan maluku pada 1665.

Asal usul dan sejarah tanaman mangga


penyebaran mangga di negara barat terjadi pada abad pertengahan yaitu pada abad ke 18 di libason dan brasil oleh bangsa portugis.kemudian sekitar abad ke 19 diperkirakan portugis membawa tanaman mangga dari india menuju ke afrika timur sampai akhirnya menyebar sampai somali afrika barat dan kepulauan canari.

berikutnya penyebaran buah mangga tercatat di berbagai negara barat yaitu mexico pada 1779. bibit mangga ditanam pertama kali oleh orang spayol yang membawa bibit dari pilipina. sementara itu di italia bagian selatan untuk pertama kali mangga masuk pada 1870 dan diikuti oleh inggir pada 1890 yang pertama menanam dirumah kaca. diamerika serikat buah ini pertama kalii ditanam di florida pada 1833.bibit mangga yang ditanam berasal dari mexico.

 sebanyak 35 bibit pohon mangga disambung lengkung kembali didatangkan dan akhirnya semua tanaman berhasil untuk ditanam. sampai saat ini, frolida dikenal sebagai salah satu produsen mangga dengan daerah pemasaran frolida dan california. sementara itu ahli botani rumpius mengatakan bahwa penyebaran mangga di asia baru terjadi beberapa abad . diindonesia sendiri mangga memiliki banyak nama yang berbeda disetiap masing masing daerah yakni mamplam dari aceh,pao dari makassar,amplem dari bali,ampelam dari banjarmasin, dan masih banyak lagi. penyebaran buah mangga ke indonesia melalui pelayaran pada abad ke 4-5 SM buah yang berasal dari india dan mulai menyebar di semenanjung malaysia dan lanjut ke indonesia.

tanaman mangga sangat populer dan dikenal diindonesia, selain rasanya yang enak segar, buah mangga juga mempunyai berbagai manfaat loh buat kesehatan! 

terima kasih sudah membaca dan berkunjung Asal usul dan sejarah tanaman mangga.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

produk dari kayu atau batang mangga