contoh kerajinan dari daun mangga

  contoh kerajinan dari daun mangga. banyak orang yang menganggap daun mangga itu hanya barang sampah yang tidak berguna lagi.  limbah atau sisa yang dibuang menjadi sampah seakan tidak berguna bahkan dibirkan terus bertambah sejalan dengan banyak nya masyarakat. akibatnya pemukiman jadi kurang nyaman dan timbul berbagai macam penyakit dan sampah yang menggunung dpat menyumbat saluran pembuangan air sehingga terjadi banjir.

contoh kerajinan dari daun mangga


Daun mangga terkadang dibiarkan saja berguguran yang kemudian menjadi sampah di halaman.jika hanya dibiarkan sajadan sia-sia kan membuat rupiah melayang. Daun mangga dapat digunakan berbagai macam manfaatnya. Dapat digunakan sebagai kerajinan, dan dapat dijadikan obat, dll. Sebagai obat manfaat daun mangga ini dapat digunakan untuk menyembuhkan penyakit sebagai berikut :

  -Mengatasi penyakit diabetes

  -Mengobati gejala penyakit hipertensi

  -Pengobatan gejala asam urat

  -Pengobatan varises

Jika digunakan sebagai kerajinan dapat digunakan sebagai :

- Kipas-kipasan

 - Lukisan

-Dapat digunakan sebagai tas

-Sebagai hiasan gelas, dll

Selain itu pendaur ulang daun mangga, tidak hanya dapat di jadikan sebagai macam-macam diatas saja, namun barang kerajinan lain nya, misal dompet, keranjang, atau pun lapisan dari benda lain agar lebih indah maupun menarik karena struktur daun mangga sendiri yang kasar dan bervariasi. Daun  mangga juga dapat dijadikan pupuk, akan membuat masyarakat lebih kreatif dan inovatif dengan membuat kerajinan tangan yang lebih bermanfaat dan ramah lingkungan dan memiliki nilai ekonomis yang tinggi. Selain itu juga. Semua hal tersebut akan meningkatkan daya kreatif dan inovasi yang baru bagi masyarakat dan memberdayakan masyarakat. Selain itu juga meningkat daya guna dari daun mangga tersebut. Oleh karena itu peluang bisnis juga siap idepan mata tanpa kita sadari. Tanpa bekerja repot hanya sedikit kreatuvitas mampu menciptakan bisnis baru yang tidak perlu mengeluarkan biaya yang banyak. Pada hal ini saya akan mencoba untuk melakukan pendaur ulang daun mangga sebagai kipas buatan. Sebelum itu sediakan bahan-bahan terlebih dahulu. Bahan-bahannya adalah :

· Daun mangga
· Benang sulam
· Gunting
· Air

Kemudian Prosedur dalam pembuatan  kipas daun mangga adalah :

·Menyiapkan daun
Yaitu memilih daun yang benar-benar jatuh di tanah, jika ada yang masih ber warna hijau, dan daun daun yang masih bagus, tidak sobek, dan tidak berlubang bagian tengahnya maupun pinggirnya. Daun yang dicari sebanyak mungkin.
·Proses Pencucian
Daun mangga yang sudah dipilih, kemudian dicuci daun mangga tersebut hingga bersih.
·Proses pengeringan
Meletakkan setiap helai daun pada permukaan yang cukup luas dan bersih selama sekitar 2 jam. Proses pengeringan hanya diangin-anginkan saja, dengan tujuan agar daun tidak cepat robek.
·Proses pembentukan karya
Yaitu membentuk pola dengan melakukan pengguntingan sesuai dengan keinginan. Semua bentukan bisa di buat serasi bisa juga dibuat berselang-seling.
·Proses penyambungan
Dalam proses ini dapat menggunakan lem perekat atau benang sulam. Benang sulam dijahitkan pada ndaun mangga agar daun mangga menjadi satu dan terbentuk seperti kipas.
·Dan daun mangga siap untuk digunakan.
sekian dan terima kasih

Komentar

Postingan populer dari blog ini

produk dari kayu atau batang mangga